Aparat Gabungan TNI-POLRI Gelar Simulasi Pengamanan PILKADA 2018

BOGORVIEW.COM– Antisipasi terjadinya gangguan kamtibmas jelang, saat dan paska Pilkada 2018, aparat Gabungan TNI POLRI menggelar latihan Tripatra simulasi kontigensi yang melibatkan 1200 personil.

Simulasi pengamanan pilkada 2018 yang di gelar di Bogor Nirwana Residence, Bogor selatan, Kota Bogor, tersebut di kemas menarik dimana personil gabungan TNI POLRI terlihat saling bahu memendam amarah kelompok massa pendukung pasangan calon walikota dan wakil walikota bogor yang tidak puas dengan hasil perhitungan suara yang di lakukan KPUD setempat.

Dalam adegan simulasi tersebut, Anggota Polri bertameng di kawal kendaraan taktis water canon terus meringsek massa yang mulai bringas dengan melempari aparat dan membakar sebuah unit angkutan kota yang terparkir.

Empat letusan senjata api petugas terdengar saat massa akan melakukan penjarahan sebuah toko yang langsung di bubarkan oleh Satuan Motor Polri.

Selama hampir satu jam bentrokan terjadi, suasana kembali kondusif setelah petugas berhasil mengamankan dua orang yang di duga sebagai provokator dalam aksi tersebut.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Maryoto, yang menyaksikan langsung Jalannya Latihan Tri Patra TNI POLRI ini menyampaikan bahwa Latihan ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi jika muncul gangguan kamtibmas selama jalannya pilkada 2018.

” simulasi ini kita namakan operasi Praja lodaya 2018, jumlah personil kepolisian yang akan disiagakan selama pilkada 2018 jawa barat sebanyak 21.500 personil, sementara TNI 2700 personil, dan simulasi bentuk kesiapan kami untuk mengamankan jalannya Pilkada 2018 dan dalam simulasi ini dipergakan juga situasi yang tidak direncakan atau konstigensi ,” jelas Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto. (DN)

Author: Ekhsa

Share This Post On
468 ad

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *